PENGERTIAN, FUNGSI DAN CARA AKTIFKAN USB DEBUGGING ANDROID

Gambar USB

Bagi pengguna smartphone android apalagi para opreker tentunya sudah familiar dengan sistem usb debugging pada android. Sebagai sistem operasi yang open source, android tentunya memiliki komunitas yang sangat besar. Dengan adanya opsi pengembang, anda atau para developer aplikasi android akan terdorong untuk terlibat dalam proses pengembangan sistem android itu.

Opsi pengembang bisa dibilang sebagai inti dari pengembangan android. Ia mempunyai sederet fitur canggih dan tentunya berguna untuk berbagai macam keperluan. Salah satunya memungkinkan kamu mendapat akses ke sistem android dan melakukan berbagai macam modifikasi.

Nah, ternyata fitur usb debugging sendiri terdapat pada opsi pengembang yang dapat diaktifkan dengan mudah untuk para pengguna android. Penasaran? Ingin tau caranya? Simak tutorialnya dan nantikan pembahasan mengenai opsi pengembang lainnya.

Fungsinya pun banyak sekali yang bermanfaat, seperti menginstal Custom ROM, mengirim file dari android ke PC, rooting perangkat android, instal custom recovery, lihat file tersembunyi pada android, nonaktifkan peringatan atau iklan ketika instal aplikasi, membaca serta menulis ulang file dari sistem android, membaca log file dari sistem android, dan yang lainnya.

Cara Mengaktifkannya

  1. Buka Setting pada android
  2. Cari bagian build number dan ketuk berkali kali hingga muncul opsi pengembang telah diaktifkan
  3. Cari ke bagian opsi pengembang
  4. Pada bagian debugging cari Debugging USB lalu aktifkan
  5. Selesai, semoga tutorial kali ini bermanfaat dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Comments